Skip to main content

Jauh dari profesi bapaknya, ini 7 kerajaan bisnis Gibran dan Kaesang yang bikin molongo





Gibran dan Kaesang merintis bisnis mereka hingga sukses seperti sekarang.


Nama Gibran Rakabumin dan Kaesang Pangarep memang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Keduanya merupakan putra sulung dan bungsu dari Presiden Joko Widodo. Jadi anak orang nomor satu di Indonesia nampaknya tak membuat kedua cowok ini berpangku tangan begitu saja.
Meskipun sang ayah adalah seorang pemimpin negara, mereka nggak malu lho untuk tetap berbisnis. Tanpa membawa nama besar mantan Walikota Solo itu, Gibran dan Kaesang merintis bisnis mereka hingga sukses seperti sekarang.

Berikut bisnis yang dimiliki oleh Gibran dan Kaesang:



1. Katering Chilli Pari




Dilansir dari chilliparicatering.com, bisnis Gibran ini didirikan pada akhir tahun 2010 silam. Chilli Pari ingin menjadi industri kuliner nomor satu di kota Solo. Chilli Pari bergerak sebagai penyedia jasa one-stop wedding solution. Bukan hanya katering tapi juga mencakup gedung pernikahan, dekorasi, rias pengantin, souvenir, undangan, hiburan, mc dan lain sebagainya. Chilli Pari dalam bahasa Indonesia adalah lombok (cabe) dan padi. 

Lombok berarti sebuah lambang semangat dan keberanian. Sedangkan Pari/ Padi melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan. Bukan hanya sekedar label, namun Chilli Pari memiliki makna yang sangat mendalam. Katering milik Gibran ini digunakan juga saat pernikahannya bersama Selvi Ananda. Bukan hanya itu, pernikahan sang adik, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution juga menggunakan katering milik putra pertama Presiden Jokowi ini lho.



2. Markobar




Markobar adalah singkatan dari Martabak Kota Barat. Sering dianggap 'kampungan' tapi bisnis yang dirintis oleh Gibran sejak 2015 lalu di Solo ini sudah diminati banyak orang lho. Dilansir dari markobar1996.net, Markobar kini sudah memiliki 26 outlet yang tersebar di 16 kota besar dan seluruh Indonesia. 

Di tahun ini (2017), MARKOBAR juga sudah memperluas jaringannya sampai ke luar negeri tepatnya pada pertengahan tahun 2017 ini. Markobar sendiri sebenarnya sudah ada sejak tahun 1996, kemudian Gibran bekerjasama dengan Arif Setyobudi untuk membesarkannya.



3. Jas Hujan 'Tugas Negara Bos'




Sebagai seorang anak Presiden, bisnis yang dirintis Gibran satu ini memang cukup unik dan terkesan sangat sepele. Jas Hujan! disaat banyak orang baik kalangan artis maupun kalangan biasa membuka usaha clothing line, Gibran justru membuat jas hujan. 

Dengan menggunakan brand 'Tugas Negara Bos', Gibran meluncurkan usahanya ini. Tak tanggung-tanggung, Gibran pun menggaet presenter kenamaan tanah air, Najwa Shihab untuk menjadi modelnya. Wah, cocok nih kayaknya untuk dipakai saat musim hujan begini.



4. Usaha Kuliner Unik Lainnya




Selain Markobar ternyata Gibran juga sudah memiliki usaha lain di bidang yang sama yakni kuliner. Ternyata di kota kelahirannya Solo, Gibran juga sudah membuka tempat kuliner baru yakni Pasta Buntel, MomMilk dan Cakardheer. Orang-orang Solo pasti sangat dimanjakan sekali ya dengan banyaknya tempat makan yang dibuka oleh Gibran ini.



5. Kaos 'Sang Javas'

5. Kaos 'Sang Javas'




Beranjak dari Gibran, sang adik Kaesang juga memiliki bisnis lho. Kaesang memulai usahanya dengan membuka bisnis pakaian dengan brand 'Sang Javas' dengan gambar kecebong. Kecebong memang nggak asing lagi untuk Kaesang dan para penggemarnya, karena di setiap vlog miliknya selalu disisipkan dengan 'Salam Kecebong'.



6. Kuliner 'Sang Pisang'




Selain kaos, Kaesang juga memiliki usaha lain nih, yakni di bidang kuliner. Nggak kalah dari sang kakak, Kaesang membuka 'Sang Pisang'. Semua menu yang ada di tempat kuliner milik Kaesang ini semua menggunakan bahan pisang.

7. Hompimpa Games




Bukan hanya kuliner dan pakaian, Gibran dan Kaesang berkolaborasi membuka usaha baru di bidang games yakni Hompimpa Games. Hompimpa Games mencoba merealisasikan ide-ide kreatif para game designer dan game developer agar dapat dinikmati oleh semua masyarakat. 

Usaha games yang dirintis oleh kedua kakak beradik ini sudah menghasilkan beberapa games atau permainan yang unik dan bisa mengasah pengetahuan tentang budaya di Indonesia lho. Diantaranya, Acaraki, The Art of Batik, Math Cat, dll

Comments